Pada tahun 1979, umat Islam digemparkan dengan peristiwa besar
yang menelan banyak korban jiwa, sebuah aksi yang didalangi kelompok
ekstrimis, kelompok Juhayman al-Otaibi, peristiwa itu adalah pembajakan
Masjid al-Haram. Masjidi al-Haram adalah tempat suci umat Islam yang
sangat dihormati dan dimuliakan oleh setiap umat Islam di muka bumi ini.
Kelompok Juhayman al-Otaibi dengan lancang melanggar kehormatan masjid
yang mulia ini, membuat keonaran, dan menumpahkan darah di dalamnya.
Dipimpin oleh Juhayman bin Muhammad bin Sayf al-Otaibi mereka membuat
makar dan menakuti jamaah haji yang datang ke Baitullah al-Haram.
Siapakah Juhayman al-Utaibi?
Juhaiman dilahirkan di al-Sajir, Provinsi Qasim, pada tanggal 16
September 1936. Ia berasal dari kabilah Utaybah, salah satu suku yang
terkenal di wilayah Nejd. Ayah dan kakeknya turut serta dalam Perang
Sabilla, perang antara pasukan Kerajaan Saudi dengan para pemberontak
yang terjadi pada tanggal 29 Maret 1929. Dalam perang ini keduanya
bergabung dalam kelompok pemberontak.
Suku atau kabilah Utaibah memang dikenal sebagai salah satu suku
ekstrim kanan yang memiliki kemampuan militer. Awalnya, mereka
dipersiapkan oleh kerajaan sebagai pelindung kerajaan yang baru saja
tumbuh kala itu. Namun ternyata mereka menikam dan menghianati kerajaan
karena tidak menyepakati nilai-nilai modernitas yang mulai diterapkan
kerajaan petro dolar tersebut. Juhayman sangat terpengaruh dengan
doktrin kabilahnya. Ia sering mendengar kisah tentang Perang Sabilla dan
bagaimana pemerintah Saudi telah mengkhianati prinsip-prinsip Islam
yang murni menurut pemahaman mereka.
Pemikirannya
Pada usia 19 tahun Juhayman bergabung dengan tentara nasional Arab
Saudi, ia juga dekat dengan ulama seperti Syaikh Abdul Aziz bin Baz.
Kedekatannya dengan para ulama ini menjadikannya cinta akan ilmu agama.
Akhirnya pada tahun 1955 ia memutuskan keluar dari militer dan fokus
menuntut ilmu agama di Universitas Islam Madinah. Ia dikenal sebagai
seorang pemuda yang supel dan memiliki kepribadian yang menyenangkan.
Oleh karena itu, banyak guru dan teman-temannya yang menyukainya.
Bersamaan dengan tumbuh dan mulai beranjak dewasanya Juhayman,
terjadi pergolakan di belahan negeri Arab lainnya. Di Mesir, Presiden
Gamal Abdul Naser menangkap dan menghukum semua aktivis Ikhwanul
Muslimin, setelah kelompok ini mencoba melakukan pembunuhan terhadap
dirinya. Sebagian anggota Ikhwanul Muslimin ditangkap, disiksa, dan
sebagian lainnya berhasil melarikan diri, di antaranya Muhammad Qutb
saudara dari Sayid Qutb (kemudian menjadi guru Osama bin Laden).
Raja Faisal –Raja Arab Saudi saat itu- yang memiliki perselisihan
dengan Naser menyambut kedatangan tokoh-tokoh intelektual yang
bersebrangan dengan Naser. Muhammad Qutb pun dimuliakan dan dijadikan
staf pengajar di Universitas Jedah. Dari peristiwa inilah perjalanan
Juhayman menuju pemikirannya yang ekstrim dimulai.
Juhayman bertemu beberapa tokoh Ikhwanul Muslimin saat menuntut ilmu
di Universitas Islam Madinah. Mereka lalu berdiskusi tentang Gamal Abdul
Naser dan mereka sampai pada kesimpulan bahwa Naser adalah seorang yang
murtad, keluar dari Islam karena menghalangi diterapkannya syariat
Islam dan menyiksa umat Islam yang taat. Juhayman sangat takjub dan
merasa senang dengan pemikiran orang-orang Ikhwanul Muslimin ini.
Di akhir tahun 1960-an saat kerajaan memperbolehkan siaran televisi
yang menayangkan pembawa berita perempuan dan unsur-unsur modern lainnya
yang menurut Juhayman bertentangan dengan syariat Islam masuk ke Arab
Saudi, jiwanya pun memberontak. Juhayman yang dahulu seorang pemuda yang
polos berubah menjadi seorang ekstrimis. Ia berpendapat jika rakyat
Mesir bisa melawan Naser yang memerintah tidak berdasarkan syariat,
mengapa rakyat Saudi tidak bisa melawan raja?
Aksi Pemberontakan
Berawal dari sebuah masjid kecil di Kota Madinah, Juhayman al-Otaibi
dan Muhammad al-Qahthani membentuk suatu kelompok yang mereka namai
al-Jamaah al-Salafiyah al-Muhtasiba di tahun 1965. Meskipun mendompleng
nama salafi, gerakan ini sangat jauh dari jalan salafus shaleh,
sebagaimana pelaku terorisme yang mengatasnamakan Islam, padahal Islam
mengutuk apa yang mereka lakukan. Gerakan ini berideologi ikhwani
ekstrim.
Tahun 1974, Juhayman keluar dari Universitas Islam Madinah. Ia
bersama beberapa pengikutnya kembali ke kampung halamannya di Qasim. Ia
mematangkan pergerakan yang ia bentuk tahun 1965 di Madinah dan mulai
menggembosi masyarakat dengan pampflet-pamflet yang provokatif mencela
pemerintah. Ia juga mulai vokal dalam orasi dan khutbah-khutbahnya
mengajak masyarakat membangun Arab Saudi yang benar-benar murni
berpegang kepada syariat Islam. Menurutnya kerajaan telah melanggar
kehormatan Mekah dan Madinah.
Aksi-aksi Juhayman ini ditanggapi serius oleh kerajaan, melalui
Pangeran Nayif bin Abdul Aziz yang saat itu menjabat sebagai Mentri
Dalam Negeri, kerajaan mengisolasi Juhayman dari masyarakat. Hal ini
sebagai preventif tersebarnya pemikiran ekstrim yang diserukan oleh
Juhayman.
Akhir tahun 1970-an, Juhayman pindah ke Riyadh dan pada tahun 1978 ia
mengadakan demonstrasi menentang kerajaan di ibu kota negeri kaya
minyak itu. Ia dan 100 orang pengikutnya pun ditahan oleh pihak
keamanan. Mendekam di penjara kerajaan, ia ditemui oleh gurunya Syaikh
Abdul Aziz bin Baz. Syaikh berdiskusi dan menanyakan perihalnya terkait
demonstrasi tersebut. Juhayman menjawab bahwa kerajaan telah kehilangan
legitimasi karena penyimpangan mereka terhadap syariat. Namun dengan
kasih sayangnya, Syaikh Ibnu Baz meminta kepolisian mengeluarkannya dari
penjara, beliau berharap sikap lemah lembut yang beliau dan kerajaan
tunjukkan bisa melunakkan hatinya. Syaikh melobi pihak yang berwajib
dengan menyatakan bahwa Juhayman memang seorang anak yang emosional tapi
ia tidak akan melakukan perbuatan yang merugikan.
Namun kasih sayang yang ditunjukkan Syaikh Ibnu Baz dan pihak
berwenang tidak berbekas di hati Juhayman, bahkan ia semakin
menjadi-jadi. Ia mendaulat saudara iparnya Muhammad al-Qahthani sebagai
mahdi yang ditunggu di akhir zaman, bercita-cita membebaskan tanah Arab
bahkan dunia dari jalan yang sesat, ketidak-adilan, penguasa-penguasa
tiran, dan lebih gila dari itu, ia mulai berencana menyerang Mekah.
Selama beberapa minggu Juhayman dan pengikutnya yang memliki
kemampuan militer mengawasi pergerakan yang terjadi di Kota Mekah dan
sibuk keluar masuk kota suci tersebut. Akhirnya hari yang mengerikan itu
tiba, tanggal 20 November 1979, di waktu shalat subuh, Juhayman bersama
270 orang pengikutnya masuk ke Masjid al-Haram. Mereka membaur bersama
jamaah yang masuk ke dalam masjid untuk menunaikan shalat subuh. Mereka
membawa beberapa peti jenazah dan mengatakan kepada penjaga bahwa peti
itu berisi jenazah yang akan dishalatkan bersama jamaah masjid, padahal
peti tersebut berisi lusinan senjata yang akan mereka gunakan untuk
membajak Masjid al-Haram.
Selama shalat subuh berlangsung, orang-orang Juhaiman menggembok
pintu-pintu Masjid al-Haram dan menempatkan dua penjaga untuk
masing-masing pintu. Selepas shalat subuh mereka mulai membajak masjid,
masjid yang kala itu penjagaannya tidak seketat sekarang sangat mudah
mereka kuasai. Syaikh Muhammad al-Subayyil yang mengimami shalat subuh
kala itu menyatakan, ketika shalat subuh usai mereka segera mengambil
mikropon dan mengumumkan bahwa mahdi telah muncul. Juhayman
memperkenalkan sang mahdi, Muhammad al-Qahthani, kepada para jamaah.
Lalu kelompok ini membaiat al-Qahthani di Masjid al-Haram, sambil
meletupkan tembakan ke udara mereka mengintimidasi jamaah agar membaiat
al-Qahthani juga. Para jamaah haji dipersilahkan meninggalkan masjid,
sementara warga Arab Saudi asli dipaksa untuk melakukan baiat. Pihak
keamaan masjid yang tidak bersenjata berusaha menindak mereka, namun
semua petugas tersebut tewas ditembak. Tumpahlah darah di tanah haram
dan di masjid suci, Masjid al-Haram. Demikian juga sebagian jamaah
(warga Arab Saudi) yang mencoba melarikan diri keluar masjid, mereka
semua yang ketahuan tewas oleh keganasan kelompok Juhayman ini.
Isu besar ini dengan cepat sampai ke telinga Raja Khalid. Beliau
mengumpulkan ulama-ulama berpengaruh untuk membahas permasalahan ini,
para ulama tetap mengendepankan jalan negosiasi namun apabila kelompok
ini tetap mengabaikan pendekatan ini, tindakan tegas memerangi mereka
harus ditempuh pemerintah.
Hal ini sejalan dengan firman Allah,
وَلَا تُقَاتِلُوهُمْ عِنْدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ
حَتَّىٰ يُقَاتِلُوكُمْ فِيهِ ۖ فَإِنْ قَاتَلُوكُمْ فَاقْتُلُوهُمْ ۗ
كَذَٰلِكَ جَزَاءُ الْكَافِرِينَ
“Dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjid al-Haram, kecuali jika
mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di
tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang
kafir.” (QS. Al-Baqarah: 191)
Pangeran Nayif bin Abdul Aziz turun tangan langsung mengatasi
permasalahan ini. Beliau meminta warga yang tinggal di sekitar area
masjid untuk mengosongkan tempat tinggal mereka, karena sniper-sniper
kelompok Juhayman yang bersiaga dari atas menara-menara masjid bisa
membahayakan mereka.
Pasukan Saudi mulai mengepung masjid dan menekan kelompok Juhayman
ini. Kelompok teroris ini mulai terpojok dan lari bersembunyi ke
terowongan-terowongan di dasar masjid dan mereka berusaha memanfaatkan
ruangan-ruangan di lantai dasar untuk persembunyian mereka.
 |
Ledakan bom di Masjid al-Haram dalam aksi Juhayman |
Lima hari setelah pengepungan, tanda-tanda kekalahan kelompok ini
mulai muncul. Saat itu belasan anggota kelompok ini menyerahkan diri.
Apalagi saat berita tewasnya sang mahdi, Muhammad al-Qahthani tersebar,
banyak dari anggota kelompok ini menyerah kepada pasukan Saudi.
Tanggal 5 Desember 1979 pasukan Saudi dan Garda Nasional bertekad
mengakhiri pembajakan ini. Mereka mulai memutus suplai air dan listrik
ke Masjid al-Haram karena sebagian sandra sudah bisa diselamatkan.
Pasukan kerajaan menekan para pembuat onar ini ke daerah yang jauh dari
Ka’bah. Sebagian dari mereka menyerah dan sebagian yang lain tetap
melanjutkan pertempuran sampai akhirnya mereka berhasil diringkus.
Pemerintah Arab Saudi mendapatkan banyak tawaran dari berbagai negara
untuk membantu memberantas para pemberontak, namun kerajaan yakin
mereka bisa menyelasaikan permasalahan ini sendiri. Pemberitaan yang
menyatakan bahwa Pasukan Prancis, Jordania, dan Mesir turut membantu
menyelesaikan masalah ini adalah kabar yang tidak benar.
Tanggal 10 Januari 1980, Juhayman dan 63 atau 67 orang pengikutnya
dihukum pancung. Para pengikutnya yang terdiri dari warga Arab Saudi,
Mesir, Kuwait, Yaman, Sudan, dan Irak dieksekusi di beberapa kota
berbeda, sementara Juhayman dieksekusi di Mekah.
Dalam
press conference Pangeran Nayif menyatakan, setelah
kejadian ini 19 orang dijebloskan ke dalam penjara dan 23 orang wanita
dan anak-anak dimasukkan ke panti rehabilitasi. Korban yang jatuh dalam
peristiwa ini 12 orang pegawai dan 115 tentara Arab Saudi gugur dalam
operasi pembebasan Masjid al-Haram, 402 pegawai dan 49 tentara terluka,
75 anggota pemberontak tewas, dan 15 lainnya ditemukan tewas di
terowongan-terowongan.
Kelompok Juhayman adalah pelopor yang mengkafirkan pemerintah Arab
Saudi dan mereka mewujudkan pembangkangan mereka dengan aksi nyata. Saat
ini masih kita lihat dan dengar dalam tulisan-tulisan dan pidato-pidato
orang-orang yang terpengaruh pemikiran Juhayman, mereka mengkafirkan,
mengancam, dan memfitnah Kerajaan Arab Saudi dengan
kebohongan-kebohongan dan propaganda.
Semoga Allah selalu menjaga keberlangsungan syariat Islam di negeri
tersebut dan memberi taufik kepada penguasa-penguasanya agar berjalan di
atas hal-hal yang diridhai-Nya, dan semoga Allah selalu menjaga
keamanan tanah haram dari gangguan-gangguan orang-orang yang dengki.
Sumber: Dirangkum dari esai dan jurnal tentang Juhaiman al-Otaibi
Ditulis oleh Nurfitri Hadi
*http://kisahmuslim.com/juyahman-sang-pembajak-masjid-haram/