Bermanfaat bagi yang lainnya
Home » » Asmirandah Akui Foto Berdoa di Gereja adalah Dirinya

Asmirandah Akui Foto Berdoa di Gereja adalah Dirinya

Foto Asmirandah berdoa di gereja
Asmirandah mengakui bahwa foto berdoa di gereja yang beredar di internet adalah dirinya. Ia juga meminta agar media tidak lagi menyebut bahwa foto tersebut mirip Asmirandah.

"Aku jelaskan di sini, saya akui itu foto saya. Jangan bilang ini mirip Asmirandah. Mana mungkin sih ada 2 orang kembar, terus bersama lagi, kan gak mungkin. Media itu pinter mencermati, apalagi masyarakat udah cukup cerdas," tegasnya saat dijumpai di kantor Komisi Penyiaran Indonesia, Gajah Mada, Jakarta Pusat, Rabu (29/1), dikutip dari kapanlagi.com.

"Saya tidak pernah menyangkal atau membantah keluar dari mulut saya. Saya tidak pernah membantah, boleh dicek. Masalah ini saya benarkan, itu foto saya," tambahnya.

Kendati demikian, Asmirandah tidak mau menegaskan soal perpindahan agama yang dilakukannya. Menurutnya, hal itu sudah masuk ranah privasi yang tidak perlu dipublikasikan. Tapi secara tersirat foto tersebut menegaskan keyakinan Andah yang dipeluknya sekarang.

"Untuk keyakinan saya, itu urusan saya sama Tuhan. Saya mohon dari masyarakat, maupun media untuk lebih bijak menanggapi berita," pungkasnya.

Menanggapi fenomena Asmirandah, Ketua Tim Forum Antisipasi Kegiatan Pemurtadan (FAKTA) Abu Deedat menyatakan bahwa kasus ini adalah salah satu bentuk Kristenisasi.

“Ini adalah strategi nyata dari Kristenisasi lewat perkawinan. Modusnya sang lelaki pura-pura masuk Islam agar bisa menikahi muslimah,” kata Abu Deedat, seperti dikutip Islampos, Kamis (30/1).

Menurutnya, wanita rentan menjadi korban, karena resiko mempertahankan keimanan dalam pernikahan beda agama bagi seorang muslimah adalah diceraikan.

Ketika sudah menikah, pria Kristen yang pura-pura masuk Islam akan kembali ke ajaran Kristennya, sang muslimah akan dihadapkan pada dua pilihan berat, ikut pindah agama bersama suaminya atau diceraikan.

“Berat bagi muslimah yang lemah imannya jika harus menyandang status janda, apalagi kalau sudah mengandung,” jelasnya.

Menurut Abu Deedat, dalam masa-masa awal pernikahan itu, biasanya sang muslimah akan dicuci otaknya dengan doktrin yang menjelek-jelekkan Islam. Terutama menggunakan isu seperti poligami, Islam tidak penyayang, dan mengangkat citra buruk umat muslim lainnya.

Abu Deedat juga berpesan agar masyarakat mewaspadai betul strategi Kristenisasi lewat jalur pernikahan. Kasus seperti ini, menurutnya, sudah banyak terjadi. Abu Deedat berpesan kepada para orangtua agar tidak terlalu mudah percaya jika ada pria non muslim yang bersedia masuk Islam untuk menikahi putrinya.

“Mereka agresif menyebarkan Kristen, dan kepada kaum Muslimah agar dijaga pergaulannya dengan lelaki non muslim, sebab bisa jadi mereka punya motif mengkristenkan anda,” tutupnya.

Seperti diketahui, Keluarga Asmirandah sangat kesal dengan Jonas Rivanno. Mereka merasa tertipu dengan lelaki itu.

Anton Zantman, ayahanda Andah, menilai Vanno telah "menculik" Asmirandah. Selain berbohong mempermainkan agama saat menjadi mualaf, Vanno juga telah membawa Andah berpaling ke agamanya. [AM/bersamadakwah]

Sumber : http://www.bersamadakwah.com/2014/01/asmirandah-akui-foto-berdoa-di-gereja.html?m=1

44 komentar:

  1. Astaghfirullah..semoga kita ttp iman,islam lahir batin didunia sampai akhirat..amiin

    BalasHapus
  2. Sebenarnya itu hak setiap manusia mw memeluk agama apa
    Kita tdk boleh memaksakan dan membenarkan bahwa agam ini yng paling benar dan agama lain yng salah
    Krn pd dasarnya agama diciptakan untuk membentuk manusia itu percaya dan berserah diri pd TYME

    Jd yah jgn ditekan2 segala lah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuku agamaku untukmu agamamu..... Semoga diberikan jalan terang saudaraku.

      Hapus
  3. Sebenarnya itu haknya anda
    Kita jgn menghakimi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama anda apa ya, kalau anda orang muslim rasanya nddak pas anda ngomong seperti itu

      Hapus
  4. ini sifat asli penulis dan yg mengatakan itu aslinya, jgn bodoh.

    BalasHapus
  5. Lebih banyak orang kristen yg masuk ke islam...jangan terlalu di dramatisir lah...gak usah kayak kebakaran jengkot gitu....doa2 jelek akan berbalik padamu.... -_-"

    BalasHapus
  6. Naudzubilahimindalik.....smg anak2 & klrgku TDK menjadi kafi & terhindar dr bujuk rayu setan .amiinn yra.
    Andah hny krn cinta kpd seorang manusia dia rela mjd murtad,rela mengkhianati ortu x sendiri hny u/ kebahagian dunia yg tdk kekal-

    BalasHapus
  7. Jalani saja keyakinan masing2 tanpa harus menjelek jelekan agama lain. Hubungan dengan Tuhan, sifatnya sangatlah pribadi :)

    BalasHapus
  8. Tuhan itu tidak ada yang Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu Konghuchu, Shinto...
    Tuhan itu Universal...
    Manusia di dunia hanya bisa berbuat baik di dunia, soal penghakiman hanya Tuhan yang berhak nantinya di akhir Jaman.

    BalasHapus
  9. itulah strategi busuk ......padahal Islam tidak pernah ada paksaan utk masuk memeluk agama islam baik dg rayuan,ancaman ataupun tipu muslihat.....hanya "hidayah Allah semata" mereka memeluk Islam(mualaf)............

    BalasHapus
  10. Na'uzubillahiminzalik..g nyangka asmiranda menjadi murtad...

    BalasHapus
  11. Smoga suatu saat nnti Allah memberi hidayah kpda mu asmirandah dan mengampuni dosa mu.

    BalasHapus
  12. Semoga Allah swt mengampuni dirimu andah di hari akhir. Padahal sblmnya dia yg meminta vano jd mualaf skrng malah sebaliknya. Mempermainkan Islam.
    Ingat kuasa Allah Hukum Allah Karma Allah swt itu ada nantikanlah . . .

    BalasHapus
  13. Hanya ada 1 dosa yg tdk bisa di ampuni dosanya dan dia penghuni neraka jahanam selamanya yaitu yg menyembah kepada selain ALLAH SWT. Nau'uzubillahiminzalik

    BalasHapus
  14. Aku sempat memuji asmirandah wnt hebat krn dia mmbatalkn pernikahannya bgtu tau suaminya ga lg islam... eh ga taunya buat nikah lg dgn agama yg beda.... ckckck...POOR U ANDAH...

    BalasHapus
  15. Kecantikan-mu hanya sebatas didunia. Masya allah, semoga saja allah memberikan engkau ujian yg membuatmu membuka hati, islam adalah "Innadinaalha indallahil islam"

    BalasHapus
  16. Demi cinta bisa jadi murtad, adalah cinta yg dibarengi hawa nafsu setan.

    BalasHapus
  17. Dunia sementara nanti pas ketemu neraka jahanam baru nyesel belakangan

    BalasHapus
  18. Cinta abadi hanya kepada Allah SWT....mengingkari setiap limpahan rahmat n rejeki yg telah diberikan selama ini.

    BalasHapus
  19. hanya Islamlah agama yang diterima Allah.. apabila si Andah mati. dalam keadaan seperti ini dan tidak bertaubat, maka dia akan kekal di neraka jahannam selama2nya...

    na’udzubillah

    BalasHapus
  20. pantas saja asmirandah diputusin dude herlino dulu..imannya tipis

    BalasHapus
  21. hilang lah sudah jalan menuju syurga baginya,bahkan dia tak akan pernah bisa mencium zenajah orang tua nya untuk terkahir kali nya . nauzubilah.......

    BalasHapus
  22. keterangan anda diatas tdk perlu menyudtkan agama satu dngan lainnya, tdk prnh ajaran agama manapun mengajari untk berbuat jahat, kalo seseorng mualaf atau sebaliknya tdk prlu kita menghakimi, hakimi sj diri kita sendiri.. krn mati pun akan membawa tubuh , jiwa kita msg2 sesuai Iman kita. tks

    BalasHapus
  23. Astagfirullahalazim.. Naudzubillahmindzalik kalau saya sampai harus pindah agama apalagi karena laki2, amit - amit Ya Allah. Mohon hamba dijauhkan dari laki2 seperti itu. Semoga hamba diberikan laki2 yang baik dan seiman, aamiin. Dan semoga calon suamiku ini, memang benar2 dr dlm hatinya tulus dan ikhlas menjadi pemeluk baru agama-Mu Ya Allah, tanpa berniat mengkristenisasikan hamba Ya Allah, aamiin. Wanita baik2 hanya utk laki2 baik2. Laki2 baik2 hanya untuk wanita baik2 pula.. :-)

    BalasHapus
  24. Islam adalah Agama yg benar. Bertobatlah Asmirandah

    BalasHapus
  25. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, saya rasa tidak sopan kalau mengatai pemeluk agama lain sebagai kafir.
    Sebagai Kristiani, saya mendukung langkahnya untuk bertobat.

    BalasHapus
  26. Sebagai orang Indonesia, saya rasa tidak sopan mengatai pemeluk agama lain sebagai kafir.
    Sebagai pemeluk agama Kristen, saya mendukung langkahnya untuk bertobat.

    BalasHapus
  27. Inilah klo yg tdk pernah membaca dan memahami Alquran, padahal kita sebagai umat islam wajib utk mengikuti kitab sucinya. Karena Alquran itu isinya firman2 Allah bukan buatan manusia dan Allah menjamin akan menjaganya sampai kiamat tiba. Di Alquran sudah jelas terang benderang di surah Albaqoroh menyatakan lelaki muslim tdk boleh mengawini wanita nonmuslim dan juga sebaliknya wanita muslim tdk boleh kawin dgn pria nonmuslim karena mereka mengajakmu keneraka. Allah SWT Maha Pengampun bagi umatnya yg mau bertobat sebelum ajal tiba.

    BalasHapus
  28. Mmang anda smua yg mndukung it tau arti kafir??dlm prbincangan td tdk ad yg mnjlek2kn agma lain.nmun,dlm agma kami,islam,kluar dri agma islm dn mnymbh kpd slaen ,,Allah it murtad.dan it sdh trgaris d Al quran tdk akn msuk surga aplgi mncium bau surga.mhon maaf,silakn search d youtube ttg bgmn pngingkaran2 yg trjdi di injil nmun sdh diwariskn kbhongan it smpai k ank cucunya.ktanya islm it keras krn bnyk mnybut kata pedang d Al quran.nyatanya d injil mlah ad lbih dari 200x.apkah slma ini ad penghafal injil?klo pnghfal Al quran sdh sngt bnyk skli d dunia.jd klo slah mmbcakn akn d tegur kaumnya.tp injil?apkh prnh ad yg hfal aplgi mnegur klo salah bc?krn itu lah,akhirnya tdk ad orng kristen yg mmprmslahkn klo ad prubhan2 d dlmnya scara brkala.jd sperti kurikulum aj pke ad prubhan.kitab suci koq ad prubhan???kitab suci it dari tuhan yg hrus d jga kmurnian ajrannya mbak mbk mas mas...hellowww

    BalasHapus

Daftar Postingan Terbaru

Agenda Harian

Semoga kita senantiasa terpacu untuk mengukir prestasi amal yang akan memperberat timbangan kebaikan di yaumil akhir, berikut rangkaian yang bisa dilakukan

1. Agenda pada sepertiga malam akhir

a. Menunaikan shalat tahajjud dengan memanjangkan waktu pada saat ruku’ dan sujud di dalamnya,

b. Menunaikan shalat witir

c. Duduk untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah hingga azan subuh

Rasulullah saw bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Sesungguhnya Allah SWT selalu turun pada setiap malam menuju langit dunia saat 1/3 malam terakhir, dan Dia berkata: “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku berikan, dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari Muslim)


2. Agenda Setelah Terbit Fajar

a. Menjawab seruan azan untuk shalat subuh

” الَّلهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “

“Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, shalat yang telah dikumandangkan, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan karunia, dan bangkitkanlah dia pada tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. (Ditashih oleh Al-Albani)

b. Menunaikan shalat sunnah fajar di rumah dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya”. (Muslim)

وَ قَدْ قَرَأَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدَ

“Nabi saw pada dua rakaat sunnah fajar membaca surat “Qul ya ayyuhal kafirun” dan “Qul huwallahu ahad”.

c. Menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid –khususnya- bagi laki-laki.

Rasulullah saw bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِي الْعَتْمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sekiranya manusia tahu apa yang ada dalam kegelapan dan subuh maka mereka akan mendatanginya walau dalam keadaan tergopoh-gopoh” (Muttafaqun alaih)

بَشِّرِ الْمَشَّائِيْنَ فِي الظّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada para pejalan di kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Tirmidzi dan ibnu Majah)

d. Menyibukkan diri dengan doa, dzikir atau tilawah Al-Quran hingga waktu iqamat shalat

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak” (Ahmad dan Tirmidzi dan Abu Daud)

e. Duduk di masjid bagi laki-laki /mushalla bagi wanita untuk berdzikir dan membaca dzikir waktu pagi

Dalam hadits nabi disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إَذَا صَلَّى الْفَجْرَ تَرَبَّعَ فِي مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ الْحَسَنَاءُ

” Nabi saw jika selesai shalat fajar duduk di tempat duduknya hingga terbit matahari yang ke kuning-kuningan”. (Muslim)

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya waktu fajar itu disaksikan (malaikat). (Al-Isra : 78) Dan memiliki komitmen sesuai kemampuannya untuk selalu:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah lebih banyak dari itu semua, maka akan menuai kebaikan berlimpah insya Allah.

3. Menunaikan shalat Dhuha walau hanya dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya, setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat kan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah”. (Bukhari dan Muslim)

4. Berangkat kerja atau belajar dengan berharap karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمِلِ يَدِهِ، وَكَانَ دَاوُدُ لا يَأْكُلُ إِلا مِنْ عَمِلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan makanan, lebih baik dari yang didapat oleh tangannya sendiri, dan bahwa nabi Daud makan dari hasil tangannya sendiri”. (Bukhari)

Dalam hadits lainnya nabi juga bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. (Muslim)

d. Menyibukkan diri dengan dzikir sepanjang hari

Allah berfirman :

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang” (Ra’ad : 28)

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهَ أَنْ تَمُوْتَ ولسانُك رَطْبٌ من ذِكْرِ الله

“Sebaik-baik perbuatan kepada Allah adalah saat engkau mati sementara lidahmu basah dari berdzikir kepada Allah” (Thabrani dan Ibnu Hibban) .

5. Agenda saat shalat Zhuhur

a. Menjawab azan untuk shalat Zhuhur, lalu menunaikan shalat Zhuhur berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki

b. Menunaikan sunnah rawatib sebelum Zhuhur 4 rakaat dan 2 rakaat setelah Zhuhur

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat pada siang dan malam hari maka Allah akan membangunkan baginya dengannya rumah di surga”. (Muslim).

6. Agenda saat dan setelah shalat Ashar

a. Menjawab azan untuk shalat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat Ashar secara berjamaah di masjid

b. Mendengarkan nasihat di masjid (jika ada)

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

“Barangsiapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan yang lain kecuali belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya ganjaran haji secara sempurna”. (Thabrani – hasan shahih)

c. Istirahat sejenak dengan niat yang karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

وَإِنَّ لِبَدَنِكَ عَلَيْكَ حَقٌّ

“Sesungguhnya bagi setiap tubuh atasmu ada haknya”.

Agenda prioritas:

Membaca Al-Quran dan berkomitmen semampunya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan, maka akan menuai kebaikan yang berlimpah insya Allah.

7. Agenda sebelum Maghrib

a. Memperhatikan urusan rumah tangga – melakukan mudzakarah – Menghafal Al-Quran

b. Mendengarkan ceramah, nasihat, khutbah, untaian hikmah atau dakwah melalui media

c. Menyibukkan diri dengan doa

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”

8. Agenda setelah terbenam matahari

a. Menjawab azan untuk shalat Maghrib

b. Menunaikan shalat Maghrib secara berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki)

c. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Maghrib – 2 rakaat

d. Membaca dzikir sore

e. Mempersiapkan diri untuk shalat Isya lalu melangkahkan kaki menuju masjid

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang bersuci/berwudhu kemudian berjalan menuju salah satu dari rumah-rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allah, maka langkah-langkahnya akan menggugurkan kesalahan dan yang lainnya mengangkat derajatnya”. (Muslim)

9. Agenda pada waktu shalat Isya

a. Menjawab azan untuk shalat Isya kemudian menunaikan shalat Isya secara jamaah di masjid

b. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Isya – 2 rakaat

c. Duduk bersama keluarga/melakukan silaturahim

d. Mendengarkan ceramah, nasihat dan untaian hikmah di Masjid

e. Dakwah melalui media atau lainnya

f. Melakukan mudzakarah

g. Menghafal Al-Quran

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran dengan berkomitmen sesuai dengan kemampuannya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan bacaan maka telah menuai kebaikan berlimpah insya Allah.


Apa yang kita jelaskan di sini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah insya Allah. Allahu a’lam

Jazaakillah

Sedikit revisi dari : http://www.al-ikhwan.net/agenda-harian-ramadhan-menuju-bahagia-di-bulan-ramadhan-2989/