Bermanfaat bagi yang lainnya
Home » » ANCAMAN BERGOSIP DALAM ISLAM dan LIDAH, PENYEBAB BINASANYA MANUSIA

ANCAMAN BERGOSIP DALAM ISLAM dan LIDAH, PENYEBAB BINASANYA MANUSIA

Assalamu'alaikum wr, wb...

ANCAMAN BERGOSIP DALAM ISLAM

Kode Etik Jurnalistik Bab II Pasal 6 menyebutkan bahwa “Wartawan Indonesia menghormati dan menjunjung tinggi kehidupan pribadi dengan tidak menyiarkan karya jurnalistik (tulisan, suara, serta suara dan gambar) yang merugikan nama baik seseorang, kecuali menyangkut kepentingan umum”.

Karya jurnalistik yang cenderung dapat merugikan nama seseorang atau dapat menyinggung perasaan orang lain, misalnya ghibah atau menggunjing. Menggunjing, dalam praktik, tidak hanya terbatas dengan menggunakan lisan. Menggunjing dengan lisan diharamkan karena mengandung unsur ‘memahamkan’ orang tentang kekurangan orang lain. Karena itu, ghibah bisa berupa ucapan, isyarat, tulisan, gerakan, dan setiap perbuatan yang bisa diketahui maksudnya. [Ittihaasu As-Saadah Al Muttaqiin bii Syarhi Ihya Ulumuddin, Muhammad bin Muhammad Al Husaini Az Zabidi, jilid 7, hal. 541]

Bahaya Ghibah
Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam pernah bertanya kepada para sahabatnya,
“Apakah kalian tahu apa ghibah itu?”. Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasulnya lebih tahu”. Lalu dijelaskan oleh nabi, “Ghibah adalah menyebut sesuatu yang ada pada saudaramu, yang bisa membuat ia tidak suka”, seorang sahabat bertanya, “Bagaimana kalau yang aku sebut memang ada benar dalam saudaraku?”. Nabi menjawab, “Kalau memang ada, berarti kau telah menggunjingnya. Kalau tidak ada berarti kau telah memfitnahnya.” [Shahih Muslim, pembahasan tentang Kebaikan, Hubungan Baik, dan Adab, Bab Keharaman Ghibah, jilid 8, hal. 21]

Allah subhanahu wa ta’ala memberi perumpamaan orang yang menggunjing ibarat memakan daging saudaranya yang sudah mati. Allah berfirman,
“Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah orang seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang” [QS. Al Hujurat: 12].

Dalam hadist Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam bersabda,
“Setiap muslim haram atas muslim lain dalam darah, harta, dan kehormatannya”. Diriwayatkan dari Jabir radhiallahu’anhu dan Sa’id radhiallahu’anhu

Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wassalam bersabda,
“Hindarilah oleh kalian perbuatan ghibah. Karena ghibah lebih besar dosanya daripada zina. Seseorang terkadang berzina kemudian bertaubat kepada Allah subhanahu wata’ala dan diterima taubatnya oleh Allah. Sedang orang yang berbuat ghibah, dia tidak akan diampuni sampai orang yang dia ghibah-i memaafkannya”.[Ihya Ulumiddin, Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali, jilid 4, hal 411]

Ghibah Yang Diperbolehkan
Beberapa alasan dan tuntutan membuat sebagian kasus ghibah tidak diharamkan, dengan batasan-batasan tertentu. Para ulama berbeda pendapat tentang macam dan jumlahnya. Di antara ulama yang menjelaskan hal ini adalah Al Ghazali dalam magnomopus-nya, Ihya Ulumiddin, dan Imam Nawawi dalam kitab Syarah Muslim. Imam Nawawi menyebutkan 6 (enam) bentuk ghibah yang diperbolehkan, secara ringkasnya:
  1. Jika seseorang merasa terzalimi. Boleh baginya mengadukan kezaliman yang dia terima, kepada aparat atau hakim, atau selainnya, yang sekiranya mempunyai wewenang atau kemampuan untuk mencegah orang yang menzaliminya itu.
  2.  Untuk meminta bantuan atau merubah kemungkaran, dan mengarahkan pelaku maksiat untuk kembali berbuat benar. Misalkan dengan mengatakan kepada orang yang dianggap mampu mencegah kemungkaran tersebut, “Seseorang melakukan perbuatan ini, tolong Anda cegah!”
  3. Untuk meminta fatwa (nasihat). Misalnya dengan mengatakan, “Ayahku, atau saudaraku, menzalimi aku. Bagaimana caraku untuk terbebas dari perbuatannya yang zalim?” dan sebagainya. Hal ini diperbolehkan sesuai kebutuhan, berdasarkan hadist Hindun yang melaporkan suaminya kepada Nabi Muhammada shalallahu’alaihi wassalam dengan mengatakan, “Sesungguhnya Abu Sufyan adalah orang yang syahih (bakhil)”.
  4. Untuk mengingatkan umat Islam dari perbuatan buruk. Di antara contoh kasusnya adalah jarh (menilai negatif) seorang periwayat hadist atau para saksi demi kebenaran dan tegaknya keadilan, dan sebagainya. Ini diperbolehkan sesuai ijma (konsesus) ulama. Bahkan hukumnya wajib, demi menjaga kebenaran syariat. Bukan dengan tujuan menghina atau melecehkan seseorang.
  5. Seseorang melakukan kefasikan atau perbuatan bid’ah secara terang-terangan. Seperti minum-minuman keras atau melakukan perbuatan bathil yang bertentangan dengan syariat Islam secara terang-terangan. Dalam hal ini boleh menyebutkan kejelekannya berupa kefasikan atau kebathilan tertentu saja, bukan sifatnya yang lain, kecuali dengan sebab yang lain lagi.
  6. “Mengenalkan” seseorang. Misalkan seseorang dikenal mempunyai julukan tertentu, seperti ‘pendek’, ‘si hitam’, ‘yang buta’, dan sebagainya. Boleh menyebut julukan itu demi mengenalkannya pada seseorang, bukan dengan tujuan mengejek atau mengurangi harga dirinya. Jika mungkin dikenalkan dengan sifat-sifat tersebut, maka lebih baik mengenalkannya dengan sifat yang lain itu. Wallahu’alam. [Syarh Shahih Muslim, Imam Abu Zakariyya bin Syaraf An Nawawi, jilid 6, hal. 110]

Dalam pemberitaan media massa, menyebutkan kekurangan seseorang atau kejahatannya, seperti perilaku korupsi, penipuan, pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya, pada dasarnya adalah perbuatan haram karena itu merupakan ghibah. Namun pada sebagian kasus hukum itu dikecualikan, yaitu bila terdapat salah satu alasan atau lebih beberapa poin pengecualian di atas. Misalnya, pemberitaan itu dengan niat melakukan amar makruf nahi munkar, mengarahkan pelaku maksiat untuk kembali melakukan ketaatan, mengingatkan masyarakat dari perbuatan buruk, misalnya dari bahaya narkoba yang telah melibatkan banyak orang, untuk mengingatkan masyarakat agar berhati-hati terhadap seseorang karena ia mengajarkan aliran sesat, mengajarkan paham yang bertentangan dengan syariat Islam, atau mengancam keamanan negara, merencanakan makar, pemberontakan, spionase, dan sebagainya.

Namun perlu diperhatikan, bahwa menebut kekurangan dan kesalahan orang itu bukan dengan tujuan menghina atau melecehkannya. Tapi tidak lain sebagai bagian dari kegiatan amar ma’ruf nahi munkar dan dalam hal ini, boleh menyebutkan kesalahan yang ingin diubah saja, bukan kekurangannya yang lain.

Prinsip-prinsip (Hal-hal) yang Harus Dilakukan dalam ‘Kebolehan Ghibah’
Dalam kesopanan umum, sewajarnya tidak ada pengecualian. Hal publik tidak ada eksepsi. Namun kaidah fikih Islam menyatakan, “ad dlaruuratu tubiihu al mahdzuuraat”. Kondisi darurat (dengan definisi dan batasan tertentu) bisa memperbolehkan hal-hal yang sebelumnya dilarang. Karena itulah terdapat pengecualian hukum dalam beberapa kasus syariat. Namun demikian, tetap perlu dicegah secara preventif, adanya ‘pasal-pasal karet syariat’ yang multitafsir, yang rentan dimanfaatkan dalam penerapan exception-exception (pengecualian hukum) tersebut. Karena itu, dalam penerapan pengecualian ghibah ini, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Ikhlas dalam niat, semata-mata karena ALLAH, bukan untuk mengejek, menghina atau melecehkan harga diri orang tersebut.
  2. Semampunya untuk tidak menyebutkan nama (menyebut seseorang secara khusus).
  3. Menyebutkan yang boleh saja, dan yang benar-benar ada dalam diri orang tersebut. Tidak ‘lepas diri’ untuk berbuat ghibah secara luas, hingga menceritakan kekurangan-kekurangan orang lain semau hatinya.
  4. Merasa yakin bahwa dengan melakukan ghibah yang boleh itu, tidak akan terjadi dampak negative yang lebih parah.

[Hasha-id Al Alsun, Husen Al ‘Uwaisyah, hal. 74]
Ust. Faris Khairul Anam LC.

Sumber : http://pusatummat.wordpress.com/2010/07/30/ancaman-bergosip-dalam-islam/


LIDAH, PENYEBAB BINASANYA MANUSIA

Salah satu anggota badan yang patut diwaspadai adalah lidah. Dalam bahasa arab distilahkan al-lisan yang berarti tempat berucap, bahasa, maupun surat. Lidah bentuknya memang kecil namun mempunyai implikasi yang cukup besar. Ia dapat menjadi lambang ketaatan lewat lantunan zikir namun bisa berubah sebagai sumber bencana. Nabi SAW menyebut keselamatan seseorang terletak di dalam kemampuannya mengontrol lidahnya.

Oleh karena itu, sebelum berbicara berpikirlah dulu. Bila pembicaraannya berisi kebaikan, silakan bicara, bila tidak, lebih baik ia diam.” Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi menyebutkan beberapa penyakit lidah.

Pertama, lidah dapat menimbulkan perdebatan yang tidak ada ujung pangkalnya.
Kedua, lidah mampu melaknat, mencercau, mendoakan keburukan meski pada hewan.

Nabi SAW bersabda,
“Orang mukmin itu bukanlah ahli melaknat.”

Dalam sabdanya yang lain,
“Mencaci seorang mukmin adalah sebuah kefasikan dan membunuhnya adalah kekufuran.”

Ketiga, lidah bisa menyebarluaskan rahasia, mengolok-olok, dan meremehkan. Bahaya lidah adalah membuka aib, merendahkan harkat dan martabat orang lain.

Allah berfiman,
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.” (Qs. Al-Hujurat: 11).

Keempat, memuji. Memuji yang tercela adalah memuji yang tidak proposional, berlebih-lebihan, tidak sesuai fakta, dan cenderung menjilat.

Kelima, menggunjing. Inilah penyakit yang sangat berbahaya pada lidah siapa pun. Sungguh butuh perjuangan keras untuk membinasakan perilaku menggunjing, menggoisp. Ghibah digolongkan sebagai perbuatan yang dosanya lebih besar dari zina. Dalam perjalaan Isra`-Mi`raj, nabi ditunjukkan orang yang mencakar wajahnya dengan kukunya. Ternyata ia adalah orang yang gemar menggunjing manusia dan mencemarkan kehormatannya.

Keenam, mengadu domba dan bermuka dua. Adu domba ialah menukil ucapan seseorang kepada orang lain dengan tujuan merusak dan menfitnah. Bermuka dua setali tiga uang dengan adu domba (namimah): di sisi barat ia mengatakan A di sisi timur ia mengatakan B.

Nabi berujar,
“Seburuk-buruk hamba Allah adalah orang-orang yang berjalan sembari mengadu domba dan mencerai-beraikan di antara orang-orang yang mencintai.”

Ketujuh, berdusta. Dusta lawan jujur. Jika jujur membawa pada ketenteraman meski terkadang membawa risiko yang berat, maka dusta malah menyeret pada kesusahan dan kenikmatan sesaaat tanpa rasa tenang. Lidah yang tidak jujur biangnya dusta, dusta dalam bentuk sumpah palsu, berujar yang tidak selaras kenyataan, maupun janji yang tak ditepati.

Ust. Ali Akbar bin Agil, malang.

Sumber : http://pusatummat.wordpress.com/2010/07/30/lidah-penyebab-binasanya-manusia/

Wallahu a’lam bish-shawabi... (hanya Allah yang Mahatahu Kebenarannya)
Catatan ini kami tujukan untuk kami pada khususnya
dan untuk semua pembaca pada umumnya...
Jika terjadi kesalahan dan kekurangan disana-sini dalam catatan ini...
Itu hanyalah dari kami...
dan kepada Allah SWT., kami mohon ampunan...

Semoga Allah SWT. memberi kekuatan untuk kita amalkan... Amin
Wassalam...

Semoga Bermanfaat dan bisa kita ambil hikmahnya... Amin
Silahkan COPY atau SHARE ke rekan anda jika menurut anda notes ini bermanfaat...

Catatan :
Lampirkan sumbernya ya... Syukron

1 komentar:

Daftar Postingan Terbaru

Agenda Harian

Semoga kita senantiasa terpacu untuk mengukir prestasi amal yang akan memperberat timbangan kebaikan di yaumil akhir, berikut rangkaian yang bisa dilakukan

1. Agenda pada sepertiga malam akhir

a. Menunaikan shalat tahajjud dengan memanjangkan waktu pada saat ruku’ dan sujud di dalamnya,

b. Menunaikan shalat witir

c. Duduk untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah hingga azan subuh

Rasulullah saw bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Sesungguhnya Allah SWT selalu turun pada setiap malam menuju langit dunia saat 1/3 malam terakhir, dan Dia berkata: “Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, dan barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku berikan, dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari Muslim)


2. Agenda Setelah Terbit Fajar

a. Menjawab seruan azan untuk shalat subuh

” الَّلهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِي وَعَدْتَهُ “

“Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, shalat yang telah dikumandangkan, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan karunia, dan bangkitkanlah dia pada tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. (Ditashih oleh Al-Albani)

b. Menunaikan shalat sunnah fajar di rumah dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا

“Dua rakaat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya”. (Muslim)

وَ قَدْ قَرَأَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فِي رَكْعَتَي الْفَجْرِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُوْنَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدَ

“Nabi saw pada dua rakaat sunnah fajar membaca surat “Qul ya ayyuhal kafirun” dan “Qul huwallahu ahad”.

c. Menunaikan shalat subuh berjamaah di masjid –khususnya- bagi laki-laki.

Rasulullah saw bersabda:

وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِي الْعَتْمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sekiranya manusia tahu apa yang ada dalam kegelapan dan subuh maka mereka akan mendatanginya walau dalam keadaan tergopoh-gopoh” (Muttafaqun alaih)

بَشِّرِ الْمَشَّائِيْنَ فِي الظّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada para pejalan di kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Tirmidzi dan ibnu Majah)

d. Menyibukkan diri dengan doa, dzikir atau tilawah Al-Quran hingga waktu iqamat shalat

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak” (Ahmad dan Tirmidzi dan Abu Daud)

e. Duduk di masjid bagi laki-laki /mushalla bagi wanita untuk berdzikir dan membaca dzikir waktu pagi

Dalam hadits nabi disebutkan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” إَذَا صَلَّى الْفَجْرَ تَرَبَّعَ فِي مَجْلِسِهِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ الْحَسَنَاءُ

” Nabi saw jika selesai shalat fajar duduk di tempat duduknya hingga terbit matahari yang ke kuning-kuningan”. (Muslim)

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran.

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya waktu fajar itu disaksikan (malaikat). (Al-Isra : 78) Dan memiliki komitmen sesuai kemampuannya untuk selalu:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah lebih banyak dari itu semua, maka akan menuai kebaikan berlimpah insya Allah.

3. Menunaikan shalat Dhuha walau hanya dua rakaat

Rasulullah saw bersabda:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap ruas tulang tubuh manusia wajib dikeluarkan sedekahnya, setiap hari ketika matahari terbit. Mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong orang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat kan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, tiap-tiap langkahmu untuk mengerjakan shalat adalah sedekah, dan membersihkan rintangan dari jalan adalah sedekah”. (Bukhari dan Muslim)

4. Berangkat kerja atau belajar dengan berharap karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمِلِ يَدِهِ، وَكَانَ دَاوُدُ لا يَأْكُلُ إِلا مِنْ عَمِلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan makanan, lebih baik dari yang didapat oleh tangannya sendiri, dan bahwa nabi Daud makan dari hasil tangannya sendiri”. (Bukhari)

Dalam hadits lainnya nabi juga bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”. (Muslim)

d. Menyibukkan diri dengan dzikir sepanjang hari

Allah berfirman :

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tenang” (Ra’ad : 28)

Rasulullah saw bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللهَ أَنْ تَمُوْتَ ولسانُك رَطْبٌ من ذِكْرِ الله

“Sebaik-baik perbuatan kepada Allah adalah saat engkau mati sementara lidahmu basah dari berdzikir kepada Allah” (Thabrani dan Ibnu Hibban) .

5. Agenda saat shalat Zhuhur

a. Menjawab azan untuk shalat Zhuhur, lalu menunaikan shalat Zhuhur berjamaah di Masjid khususnya bagi laki-laki

b. Menunaikan sunnah rawatib sebelum Zhuhur 4 rakaat dan 2 rakaat setelah Zhuhur

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang shalat 12 rakaat pada siang dan malam hari maka Allah akan membangunkan baginya dengannya rumah di surga”. (Muslim).

6. Agenda saat dan setelah shalat Ashar

a. Menjawab azan untuk shalat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat Ashar secara berjamaah di masjid

b. Mendengarkan nasihat di masjid (jika ada)

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ

“Barangsiapa yang pergi ke masjid tidak menginginkan yang lain kecuali belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya ganjaran haji secara sempurna”. (Thabrani – hasan shahih)

c. Istirahat sejenak dengan niat yang karena Allah

Rasulullah saw bersabda:

وَإِنَّ لِبَدَنِكَ عَلَيْكَ حَقٌّ

“Sesungguhnya bagi setiap tubuh atasmu ada haknya”.

Agenda prioritas:

Membaca Al-Quran dan berkomitmen semampunya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan, maka akan menuai kebaikan yang berlimpah insya Allah.

7. Agenda sebelum Maghrib

a. Memperhatikan urusan rumah tangga – melakukan mudzakarah – Menghafal Al-Quran

b. Mendengarkan ceramah, nasihat, khutbah, untaian hikmah atau dakwah melalui media

c. Menyibukkan diri dengan doa

Rasulullah saw bersabda:

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

“Doa adalah ibadah”

8. Agenda setelah terbenam matahari

a. Menjawab azan untuk shalat Maghrib

b. Menunaikan shalat Maghrib secara berjamaah di masjid (khususnya bagi laki-laki)

c. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Maghrib – 2 rakaat

d. Membaca dzikir sore

e. Mempersiapkan diri untuk shalat Isya lalu melangkahkan kaki menuju masjid

Rasulullah saw bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa yang bersuci/berwudhu kemudian berjalan menuju salah satu dari rumah-rumah Allah untuk menunaikan salah satu kewajiban dari kewajiban Allah, maka langkah-langkahnya akan menggugurkan kesalahan dan yang lainnya mengangkat derajatnya”. (Muslim)

9. Agenda pada waktu shalat Isya

a. Menjawab azan untuk shalat Isya kemudian menunaikan shalat Isya secara jamaah di masjid

b. Menunaikan shalat sunnah rawatib setelah Isya – 2 rakaat

c. Duduk bersama keluarga/melakukan silaturahim

d. Mendengarkan ceramah, nasihat dan untaian hikmah di Masjid

e. Dakwah melalui media atau lainnya

f. Melakukan mudzakarah

g. Menghafal Al-Quran

Agenda prioritas

Membaca Al-Quran dengan berkomitmen sesuai dengan kemampuannya untuk:

- Membaca ½ hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 1 kali

- Membaca 1 hizb dari Al-Quran untuk mendapatkan khatam Al-Quran sebanyak 2 kali

- Bagi yang mampu menambah sesuai kemampuan bacaan maka telah menuai kebaikan berlimpah insya Allah.


Apa yang kita jelaskan di sini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah insya Allah. Allahu a’lam

Jazaakillah

Sedikit revisi dari : http://www.al-ikhwan.net/agenda-harian-ramadhan-menuju-bahagia-di-bulan-ramadhan-2989/